Categories
Kesehatan

Gejala dan Penyebab Gangguan Tidur

Sumber gambar : alodokter.com

Hasil gambar untuk gangguan tidur

Tahukah kamu ? bahwa gangguan tidur memiliki 80 jenis gangguan tidur. Meski terdapat 80 jenis gangguan tidur pada umumnya  orang yang terkena gangguan tidur mengalami parasomnia , insomnia yang paling terkenal  , mengidap obstructive , gangguan tidur berjalan dan sleep apnea. Pada kondisi gangguan tidur ini tidak bisa dianggap sepele karena tentu saja bisa memperparah kondisi kesehatan kita sendiri dan tentu menganggu aktivitas sehari hari . Ada beberapa penyebab gangguan tidur dilansir dari halodoc : 

  • Orang yang sudah lama meminum  alcohol (pecandu) 
  • Usia lanjut atau lansia 
  • Berupa Gangguan fisik seperti merasakan rasa nyeri pada tubuh 
  • Faktor genetic 
  • Berasa dalam Kondisi lingkungan , seperti harus bekerja sampai larut malam atau shift malam
  • Memiliki Keadaan medis seperti sesak napas dll
  • Mengalami Gangguan kejiwaan , biasanya seperti cemas atau depresi 
  • Mengonsumsi obat obatan seperti antidepresan atau stimulant 
  • Mengonsumsi kafein pada kopi atau minuman berenergi .

Itulah penyebab gangguan tidur yang pada umumnya orang terkena gangguan tidur adapun gejala orang yang terkena gangguan tidur juga banyak , telah dirinci sebagai berikut , dilansir di halodoc sebagai berikut : 

  1. Insomnia 

Gangguan tidur ini membuat seseorang dalam kondisi susah tidur . sehingga membuat orang terkena insomnia tidak memiliki tubuh yang fit untuk melakukan aktivitas sehari hari karena kurangnya waktu tidur untuk beristirahat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh .

  1. Sleep apnea

Gangguan tidur ini adalah gangguan yang berbahaya karena menyebabkan tidak mendapatkan oksigen yang cukup pada beberapa bagian tubuh dan otak . Sleep apnea diakibatkan oleh gangguan  pernapasan yag disetai periode henti napas secara berulang ulang ketika tidur . 

  1. Parasomnia 

Paramsonia adalah kondisi dimana makan dan minum dengan lahapnya dalam kondisi sedang tertidur atau sedang tidak sadar . Tentu saja kondisi ini sangat berbahaya , kita tidak tau apa yang kita makan dan minum tanpa sadar dan bisa menyebabkan obesitas dan juga penyakit lainnya yang tentu bisa menganggu pencernaan jika tidak ditangani dengan cepat.

  1. Somnabulisme (sleep walking)

Seperti namanya kondisi gangguan tidur ini memungkinkan anda berjalan sambil tertidur ditandai ketika anda terbangun dan mulai berjalan keluar kamar padahaal anda tidak sadar diri atau sedang tidur atau bisa saja seseorang tertidur lalu terbangun dan duduk ditempat tidur kemudian kembali tidur lagi ini juga sangat memungkinkan gangguan tidur .

  1. Obstructive sleep apnea 

Biasa disebut dengan pengidap OSA , pengidap akan mengalami napas berhenti sesaat yang bisa saja disebabkan oleh obstruksi baik secara total ataupun parsial . Ya memang obstructive sleep apnea ini adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat kita tertidur pulas . Dalam kondisi yang parah , pengidap bisa saja merasakan sensasi tercekik ketika sedang tertidur karena pengidap kekurangan oksigen ini membuat pengidap terbangun dan terjaga dan menimbulkan gangguan tidur . OSA ini termasuk juga gangguan tidur yang berbahaya .

Jika kamu atau kamu sendiri melihat salah satu gejala dan penyebab ganguan tidur diatas segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan da perawatan yang cepat dan tepat . Ceritakan gejala yang kamu rasakan ke dokter agar dokter dapat membantumu menemukan penyebab gangguan tidur mu . Karena dokter akan melakukan wawancara medis denganmu , pemeriksakan fisik serta pemeriksakan penunjang misal polisomnografi, electroencephalogram dan pemeriksaan darah genetik . maka segeralah periksakan diri jika mengalamigejala gangguan tidur . 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *